Cerita Mistis Dibalik Indahnya Danau Tolire Maluku Utara

Keindahan alam yang sangat indah dimiliki Indonesia, mulai dari keindahan pantai, gunung-gunung , Danau dan keindahan alam lainnya. Jangan heran jika banyak wisatawan luar negeri yang datang berkunjung dan berwisata ke Indonesia . mereka melakukannya untuk dapat merasakan keindahan Indonesia secara langsung. Hebat Bukan?

Salah satunya adalah keindahan Danau , jika kalian anggap wisata pantai dan gunungnya yang indah danau Tolire ini tidak kalah soal keindahan.

Tidak hanya Danau Toba atau Danau Labuan cermin, tetapi Indonesia juga memiliki Danau Tolire, yang berada di pulau provinsi Ternate, Maluku Utara dan mungkin salah satu danau terindah di Indonesia saat ini.


Danau Tolire Ternate adalah tepat di kaki Gunung Gamalama, yang merupakan gunung berapi tertinggi di Maluku Utara. Danau Tolire terdiri dari dua potong, yaitu danau dengan ukuran besar bernama Big Tolire (lamo) dan ukuran kecil dari danau bernama Tolire kecil (ici). Kedua danau ini hanya sekitar 200 meter.
Big Tolire memiliki keunikan tersendiri. Danau Ini menyerupai kuningan raksasa. Dari atas ke bawah ke permukaan air Danau memiliki perkiraan kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektar. Namun untuk kedalaman Danau pastinya hingga kini tidak diketahui.

Ayah Memperkosa Anak Gadisnya Lalu Dikutuk, Awal Mula Terciptanya Danau

Menurut legenda, penyebab terciptanya Danau Tolire terjadi karena kekhilafan seorang ayah kepada anak gadisnya. Ayah itu memperkosa anak gadisnya.
Setelah tragedi memilukan itu terjadi, tuhan menunjukan kuasanya, terjadilah longsor dan danau meluap. Akibatnya, desa Takome tenggelam.
Tapi, setelah surut Danau dibagi menjadi dua bagian. Danau besar diperkirakan sebagai manifestasi dari sang ayah, dan Danau kecil adalah manifestasi dari anak.

Danau Besar Tolire Sumber Sportourism.id

 Danau Kecil Tolire



Cerita Mistis Danau Tolire

Danau ini memiliki cerita mistis di balik keindahannya, ia terlihat seperti bak mangkuk raksasa, yang dimana danau ini ditumbuhi oleh hutan lebat. air danau Tolire Ternate itu sendiri sangat tenang, dan warna hijau tercermin siap untuk membuat siapa pun kagum siapapun yang melihatnya.

Berbeda dengan danau kecil yang memiliki warna agak kecoklatan ini memiliki cerita mistis , danau ini memiliki biota dengan berbagai ikan air tawar yang hidup di sana. Namun, warga tidak berani menangkap ikan atau mandi di Danau. Mereka percaya bahwa danau itu, dihuni oleh banyak setan buaya.

Harta Benda Sultan Ternate

Pada zaman kuno, Danau besar Tolire adalah penyimpanan harta Sultan Ternate. harta itu disembunyikan di dasar Danau, sehingga aman dari Portugis pada abad ke-15.
Sejauh ini belum ada pihak tertentu atau lembaga yang melakukan penyelidikan secara khusus atas kebenaran dari pengakuan masyarakat itu. Tapi beberapa waktu lalu, anggota dari Brimob menggunakan sonar untuk mendeteksi benda-benda yang ada di bagian bawah danau. Hasilnya, mereka tidak menemukan harta apapun di bagian bawah Danau.

Awalnya berdasarkan cerita dari masyarakat, danau besar dan kecil Tolire, adalah sebuah desa yang masyarakatnya hidup sejahtera. Dan desa ini kemudian dikutuk oleh penguasa alam semesta menjadi danau , disebabkan oleh seorang ayah yang menghamili anak gadisnya sendiri.



Load disqus comments

0 komentar